Budidaya Mentok
Peternakan

Peluang Bisnis Budidaya Entok Untuk Pemula

Entok atau menthok ialah salah satu ragam unggas yang telah cukup tenar bagi masyarakat Indonesia. Padahal tak sepopuler unggas lainnya seperti bebek tapi entok juga ialah unggas yang dibudidayakan secara konvensional sebagaimana kiat berhasil budidaya ayak kampung petelur untuk pemula.

Banyak orang yang memang tak menyenangi daging entok karena cenderung alot dan memiliki bau yang anyir. Entok atau menthok juga memiliki perawakan yang lebih tinggi dan lebih besar dari bebek, sehingga tentunya jumlah daging yang di hasilkan juga lebih banyak.

Daging entok memiliki kandungan lemak yang lebih banyak diperbandingkan dengan ragam unggas lainnya. Inilah yang kemudian mengontrol konsumen untuk menyantap daging entok ini. Tentunya mereka dengan beberapa ragam penyakit seperti kolesterol atau darah tinggi tak direkomendasikan mengkonsumsinya. Padahal demikian daging entok selain mengandung lemak, protein dan kalori juga memiliki manfaat. Salah satunya ialah sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet dan mengalami anemia sebagaimana cara budidaya ikan mas di kolam .

Daging entok tak secara biasa dijual dan tersedia disemua restoran atau tempat makan. Tidak seperti daging ayam atau bebek yang dapat dengan gampang diperoleh. Untuk mendapatkan olahan menthok kadang kita mesti bersusah payah mencarinya sebagaimana cara budidaya belut di air bening. Sebab pengolahan yang tak tepat akan dapat membuat tekstur dan rasa daging menjadi tak nikmat. Melainkan, tentunya hal hal yang demikian bukanlah alasan untuk tak membudidayakan entok. Berikut langkah gampang dalam 6 Cara Budidaya Entok yang pasti berhasil.

Peluang Bisnis Budidaya Entok Untuk Pemula

Peluang Bisnis Budidaya Entok

1. Persiapan Sangkar

Langkah permulaan sebelum mengawali budidaya entok, tentunya anda mesti mempersiapkan unsur paling penting ialah kandang sebagaimana cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok . Sangkar entok haruslah diciptakan dengan nyaman karena entok akan menghabiskan segala aktifitasnya didalam kandang. Beberapa kriteria yang mesti dipenuhi agar kandang entok ialah lokasi tepat untuk budidaya :

  • Sebaiknya lokasi kandang berjauhan dengan rumah, atau paling tak berjarak 10-20 meter.
  • Semakin ini untuk menghindari bau yang tak nikmat menyebar di rumah dan lingkungan anda.
  • Untuk ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan jumlah entok yang akan dibudidayakan.
  • Sangkar banyak entok yang dibudidayakan pastinya memerlukan kandang yang semakin luas.
  • Sangkar mesti memiliki dinding yang tinggi agar entok tak leluasa keluar masuk atau kabur dari kandang.
  • Unggulan luas kandang 10 meter peraegi karenanya buatlah 5 meter untuk naugan dan lokasi pemberian makan, meski yang 5 meter dibuatkan pemisah dan diberikan kubangan air.
  • Kubangan ini ialah tempat entok untuk bermain dan berjemur.
    Anda dapat menggunakan bambu sebagai bahan dinding atau pagar kandang dan asbes sebagai bahan atap kandang.
  • Sesuaikan luas kandang dengan jumlah populasi entok.
  • Buatkan saluran air atau drainase agar air dapat mengalir lancar dan tak memunculkan bau yangvtosak nikmat.
  • Sediakan juga tempat makan dan minum di dalam kandang.

2. Anakan Entok Unggulan

Setelah kandang siap, karenanya langkah selanjutnya ialah memilih anakan entok unggulan yang nantinya akan diciptakan indukan sebagaimana cara budidaya ikan cupang halfmoon . Resiko kegagalan memang sangat rentan terjadi sekiranya dibudidayakan semenjak anakan. Melainkan, hasil ini tentu akan lebih besar sekiranya ketika panen tiba, daripada dengan membudidayakan melalui indukan yang selain harganya lebih mahal juga resiko indukan tak menghasilkan telor juga besar. Oleh karena itu, untuk memilih anakan entok unggulan dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Anakan entok berasal dari indukan yang terang asal idenya.
  • Umur anakan sehat, lincah dan aktif bergerak.
  • Bibit tepat anakan 6-7 bulan setelah menetas atau minimal memiliki muatan 100-200 gram.
  • Sesudah anakan diperoleh dari petani entok yang terpercaya.
  • Pengangkuta dari lokasi ke kandang mesti diperhatikan dan jangan sampai membuat anakan stres.
  • Melainkan sampai, seketika lepaskan anakan kedalam kandang dan beri makanan khusus anakan yang telah disediakan.

Baca juga Peluang Bisnis Budidaya Ayam Bangkok

3. Persiapan Pakan Entok

Semakin penting dalam budidaya entok ialah tentu menyiapkan pakan atau makanan seperti cara budidaya burung lovebird . Tahukan anda setiap jenjang perkembangan ragam pakan yang diberikan juga mesti berbeda. Semakin tentu berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan entok agar berlangsung lebih maksimal. Umur pakan yang diberikan mesti memperhatikan hal berikut :

  • Pakan Anakan Bibit 1-14 Hari
    Pada fase ini anakan entok lazimnya anak entok memerlukan gizi dalam bentuk protein, Posfor, Kalsium, Kecuali dan Vitamin. Pakan yang diberikan juga mesti cocok dengan porsi harian anakan yang tentunya masih sangat kecil. Pakan yang cocok diberikan ialah pelet atau konsentrat startet. Makanan ini ialah makanan terbaik anakan entok umur 1-14 hari yang akan mengembangkan pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Pakan Anakan Bibit 15-35 Hari
    Pada umur 15-35 hari keperluan pakan anakan entok juga akan ikut meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Pada tahap ini anak entok akan lebih memerlukan energi untuk meningkatkan muatan tubuhnya. Tentunya pakan yang paling epat diberikan ialah konsentrat yang dicampur dengan dedak halus atau bekatul, ampas tahu, biji jagung atau juga umbi-umbian seperti ketela dan ubi mantang.
  • Pakan Anakan Bibit 36-60 Hari
    Ukuran tubuh anakan entok akan semakin besar, tentunya pada umur 36-60 hari ini keperluan anak entok lebih terhadap keperluan akan mineral dan vitamin. Oleh karena itu, beberapa peternak dapat memberikan pakan yang dicampur dengan ikan runcah, bekatul, menir, keong, ampas tahu, nasi aking atau eceng gondok.

4. Pemberian Vitamin dan Vaksinasi

Bukan cuma manusia yang memerlukan vaksinasi, entok atau ragam unggas lainnya juga memerlukan vaksinasi agar kebal terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus sebagaimana cara menuntaskan hama codot . Vaksinasi lazimnya dapat dilakukan sendiri, atau juga dengan bantuan energi profesional. Pastinya jangan sembarangan memberikan vaksin sekiranya anda tak mengerti cara pemberiannya. Sebab vaksinasi vitamin juga perlu diberikan, pemberian vitamin dilakukam untuk mempercepat progres entok bertelor.

5. Sanitasi Lingkungan dan Agar Penyakit

Padahal entok cukup kebal dan tahan terhadap berjenis-jenis serangan penyakit tapi tentunya anda tak dapat mengabaikan pengandalian penyakit yang dapat saja mengancam dan menyebabkan kegagalan pada budidaya sebagaimana cara budidaya kambing etawa . Kunci dari penanganan dan penanggulangan penyakit ialah sanitasi kandang yang bersih. Sebab, kandnag yang kumal dan jorok akan dapat menigkatkan resiko penyebaran penyakit.

6. Mempersiapkan Kecuali Entok Sebab

Untuk mempercepat progres entok bertelor. poin paling penting ialah dilakukan dengan pemberian makanan yang tepat. Pada tahap ini entok memerlukan banyak protein agar dapat menghasilkan telor yang banyak dan berkualitas. Berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti keong-keongan atau bekicot. Kandungan protein yang tinggi dari pakan tambahan dari keoang atau bekicot akan menolong entok agar dapat lebih baik dalam menghasilkan telor. Anda tentunya dapat dengan gampang mendapatkan keong dengan gampang di tempat persawahan .

Sebab makanan unsur lingkungan juga sangat penting diperhatikan. Sebab lingkungan yang tepat akan dapat memicu entok untuk dapat bertelor. Sebaiknya buat lingkungan senyaman mungkin dan jangan sampai entok merasa stres. Entok sangat menyenangi lokasi di darat dan air, karenanya sebaiknya buatkan kolam di dalam kandang sehingga entok dapat bermain-main di kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *