Ayam Bangkok
Peternakan

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Bangkok

Cara budidaya Ayam Bangkok yang menguntungkan adalah salah satu macam dan potensi usaha yang banyak dilirik lebih-lebih dalam budidaya macam unggas. Ayam bangkok sendiri adalah macam ayam jantan yang biasanya dibudidayakan dalam rangka di jadikan ayam aduan.

Pakai ini tak lain disebabkan sebab ukuran tubuh ayam bangkok relatif besar dan gagah. Sehingga tentunya amat layak dan proporsional sekiranya diwujudkan sebagai epilepsi aduan. Kecuali itu, harga jual ayam bangkok juga relatif lebih mahal, apalagi sekiranya ayam teraebut adalah ayam yang sudah acap kali juara.

Sedangkan sedikit kontroversi sebab di indonesia sendiri mengadu ayam adalah salah satu format peejudian, namun budidaya ayam bangkok sendiri masih diresmikan dan dianggap sebagai salah satu bentu mata pencaharian yang bisa di geluti. Sebagaimana budiidaya jennis unggas lainnya, budidaya ayam bangkok juga memerlukan pengetahuan khusus yang pastinya hal inilah nantinya yang akan bisa mewujudkan budidaya bisa sukses dan sukses.

Sedangkan demikian sekiranya anda memang sudha mempunyai hobi memelihara ayam bangkok maka tentu akan lebih mudah lagi untuk menjalankan budidaya. Sebab berangkat dari hobi maka usaha akan bisa lebih berjalan lancar. Tentunya, dalam sebuah budidaya yang diharapkan adalah pastinya kesuksesan dari usaha yang di geluti. Kesuksesan hal yang demikian tentu saja dalam format keuntungan atau juga keuntungan yang pastinya akan menguntungkan bagi anda.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha ini, maka patut mempertimbanngkann dan menyiapkan sebagian hal berikut ini, agar tentunya budidaya anda bisa mengjasilkan untung yang besar. Berikut 5 metode budidaya ayam bangkok yang menguntungkan khusus untuk pemula.

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Bangkok

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Bangkok

1. Persiapan kandang yang Ideal

Pada biasanya, dalam budidaya unggas sangkar sendiri meripakan persyarayan utama yang patut di siapkan sebelum memulai budidaya. Oleh sebab itu, menyiapkan sangkar yang ideal sangatlah penting sebab selain menentikan keberhasilan budidaya, sangkar yang ideal juga akan memberikan kenyamanan bagi ayam bangkok sehingga bisa berkembang dengan bagus.

Alternatif lain, macam sangkar yang hisa diaplikasikan juga bisa berupa kurungan. Tapi hal ini relatif kurang sebab akan memmbatasi ruang gerak dari ayam bangkok itu sendiri seperti juga yang dikerjakan pada metode budidaya ayam hutan hijau . Oleh sebab itu, dalam mennyiapakan sangkar yang ideal bagi ayam banngkok haruslah memenuhi sebagian kriteria antara lain seperti di bawah ini :

  • Ukuran ideal sangkar diwujudkan 5×5 meter atau bisa disesuaikan dengan luas lokasi.
  • Sangkar diwujudkan sebagaimana bangunan persegi dengan atap dan dinding bisa juga diwujudkan semi permanen.
  • Usahakan dinding tertutup rapat untuk menngindari anjing atau juga hewan pemangsa lain bisa masuk dan menjadi ancaman.
  • Atap diwujudkan dari bahan yang dingin agar suhu udara dalam sangkar tak panas sehingga ayam akan merasa nyaman.
  • Jangan lupa didalam kansang dibuatkan tenggeran agar ayam bisa dengan nyaman dan mudah untuk bertengger di dalam sangkar.

2. Memutuskan Lokasi Budidaya

Pada dasarnya ayam bangkok adalah macam ayam yang bisa dibudidayakan bagus di daerah dataran rendah dengan suhu relatif panas atau juga dataran tinggi dengan suhu dingin. Keduanya menjadi habitat yang bagus bagi ayam bangkok. Tapi tentunya, untuk mengembangkan dan menerima budidaya yang menguntungkan, maka sebaiknya lokasi budidaya juga patut dipikirkam secara spesifik lebih-lebih lokasi sangkar.

Nah, agar tak mengalami bingung maka anda bisa menggunakan kriteria dasar lokasi ideal untuk budidaya ayam bangkok sebagimana yang juga di lakukan pada metode budidaya ayam jawa super bagi pemula berikut ini:

  • Pertama, sebaiknya lokasi sangkar haruslah dekat dengan pemukiman anda.
  • Sebab hal ini akan mempermudah dalam hal pengawasan, tentunya mengingat harga dan nilai ekonomis ayam bangkok bisa saja ancamannya bukan cuma hewan liar namun juga pencuri dan tangan jahil lainnya.
  • Lokasi juga patut dekat dengan sumber air, agar anda mudah dalam menjalankan pembersihan sangkar dan juga keberadaan air akan bisa mempermudah dalam perawatan dan pemeliharaan.
  • Pilih lokasi budidaya dengan kondisi tanah yang datar, sebab sekiranya kontur tanah miring selain menyulitkan pengerjaan pembuatan sangkar juga akan membikin ayam tak nyaman.

Baca juga 5 Cara Budidaya Ayam Arab Pedaging

3. Mendapat Benih Ayam Bangkok Berkwalitas

Sistem Budidaya Ayam Bangkok yang MenguntungkanTahapan berikutnya yang juga patut dikerjakan adalah menyiapkan binit atau anakan ayam bangkok. Dalam hal ini, maka anda bisa memilih alternati adalah menggunakan benih anakan atau juga menjalankan budidaya dengan mennggunakan indukan. Kedunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing sebagimana pada metode budidaya ayam bangkok aduan .

Tapi, untuk menerima budidaya yang relatif lebih menguntungkan anda bisa memulainya dari anakan ayam bangkok untuk dibudidayakan. Sebab sekiranya dimulai dari anakan maka waktunya akan lebih pesat untuk anda kemudian menerima ayam yang dewasa untuk siap jual.

Kecuali hal diatas tentunya hal yang lebih menguntungkan adalah anda bisa mensapaykana benih anakan ayam bangkok yang harganya lebih murah. Sehingga tinggal di pelihara sejenak maka anda sudah akan menerima hasil yang menguntungkan. Nah dalam memilih anakan

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Sistem Budidaya Ayam Bangkok yang MenguntungkanPerawatan dan pemeliharaan adalah hal yang penting untuk diamati lebih-lebih dalam budidaya ayam bangkok. Sebab hal inilah yang nantinya akan menjadi penentu dalam faktor keberhasilan budidaya seperti pada metode budidaya ayam bangkok . Adapun hal yang patut dikerjakan dalam perawatan dan pemeliharaan budidaya ayam bangkok antara lain adalah sebagi berikut :

  • Pemberian Pakan
    Pemberian pakan adalah hal yang amat penting, sebab pakan adalah hal yang amat penting, lebih-lebih untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan ayam bangkok. Pemberian pakan dikerjakan secara proporsional dengan menentukan ukuran tubuh serta juga macam pakan yang di berikan. Untuk Frekuensi pemberian pakan sendiri biasanya dikerjakan 2-3 kali dalam sehari. Ragam pakan yanh diberi bisa berupa Biji bijian, pelet atau juga sisa sisa nasi kering.
  • Sanitasi dan Kebersihan Sangkar
    Sanitasi kebersihan sangkar patut dikerjakan secara teratur, sebab hal ini akan bisa meminimalisir resiko serangan hama dan penyakit pada ayam bangkok. Bersihkan kandan tiap hari, dengan metode membuang kotoran yang berada dalam sangkar. Serta juga jaga kondisi dalam sangkar agar tetap kering dan tak lembab.
  • Memandikan Ayam Bangkok
    Salah satu metode menjaga kesehatan ayam adalah dengan memandikan ayam bangkok tiap hari. Pakai ini dikerjakan untuk menghilangkan kotoran serta juga menjaga ayam bangkok dalam kondisi tetap segar. lap basah agar ayam tak kontak segera dengan air. Sebaiknya ayam dimandikan pada pagi hari dan segera di jemur di bawah terik matahari hingga dengan pukul 9 pagi.
  • Vaksinasi
    Vaksinansi adalah upaya untuk menjaga kesehatan ayam bangkok. Pakai ini amat pentinh dikerjakan untuk memberikan kekebalan tubuh pada ayam bangkok sehingga tak mudah terkena serangan seperti virua flu burung yang masih merebak dan bisa memunculkan resiko kegagalan dalam budidaya ayam bangkok.

5. Melatih Ayam Bangkok

Untuk menerima ayam aduan yang bermutu, maka hal yang bisa dikerjakan adalah salah satunya dengan melatih ayam bangkok. Latihan ini dikerjakan untuk menjaga agar ayam bangkok tak takut saat nantinya berhadapan dengan lawan. Ayam bangkok yang dilatih patut sudah cukup usia dan siap bertarung sebagimana juga pada metode budidaya ayam pedaging .

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *