Cara Memupuk Bawang Merah
Tanaman

Cara Memupuk Bawang Merah Umur 30 Hari Agar Subur

Bawang merah menjadi salah satu macam tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Kegunaan bawang merah sendiri juga berbagai, mulai dari bumbu memasak dan juga untuk pengobatan tradisional.

Nah, bagi anda yang berkeinginan membudidayakan bawang ini, pastinya benar-benar membutuhkan pengertian sistem memupuk bawang merah usia 30 hari. Untuk itu, berikut akan kita bahas caranya.

Cara Memupuk Bawang Merah Umur 30 Hari Agar Subur

Cara Memupuk Bawang Merah Umur 30 Hari Agar Subur

1. Pupuk Dasar Bawang Merah

Ini yakni salah satu hal yang lazimnya dikerjakan sebelum mengenal sistem memupuk bawang merah usia 30 hari. Tidak jauh berbeda dengan Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Bawang Merah, ini yakni pemupukan dasar yang akan dikerjakan sesudah menanam bibit.

Jadi, ini akan menutrisi bibit selama penanaman dan membantu tumbuh kembangnya supaya lebih berkembang dengan bagus. Dan ini akan dikerjakan pada pekan pekan pertama penanaman bibit.

Untuk mengoptimalkan pemupukan pada tahap ini, karenanya wajib mengenal tingkat keasaman pH tanah yang terbaik. benar-benar dianjurkan untuk menanam di pH 5,6 sampai 6,5. Apabila pH tida di range tersebut karenanya diperlukan pengkapuran tanah supaya lebih maksimal pertumbuhannya.

Baca juga Cara Memilih Bibit Bawang Merah yang Unggul di Pasar

2. Pupuk organik

Pupuk organik yang berupa pupuk kompos dan pupuk sangkar benar-benar diperlukan supaya bisa memperbaiki kembali sifat lahan yang diaplikasikan. Seperti halnya Manfaat Pupuk Urea Untuk Tanaman Bunga, sistem memupuk bawang merah usia 30 hari ini juga butuh pupuk organik.

Pemupukan menerapkan pupuk organik ini nantinya akan memperbaiki struktur tanah. Sampai peyerapan air akan lebih maksimal. Serta, ini juga akan kembali menambahkan unsur mikro dan makro yang diperlukan tanaman dalam tanah tersebut.

Meski takaran atau dosis yang diaplikasikan akan tergantung dari macam pupuk ornaik mana yang nantinya akan diaplikasikan. Semisal saja penerapan pupuk sangkar, karenanya membutuhkan 10 ton per hektar. Dan penerapan pupuk kompos sebanyak 2 ton per hektar.

3. Pupuk anorganik

Ini yakni macam pupuk yang mempunyai kandungan zat hara lebih tinggi dan sesuai untuk menyuburkan tanman. Semisal saja yang tercantum di dalam Jenis Manfaat Pupuk NPK untuk Pohon Mangga, kita membutuhkan macam pupuk yang satu ini untuk bisa menyuburkan tanaman.

Supaya bisa mewujudkan panen yang maksimal karenanya kita butuh kombinasi pupuk yang seimbang. NPK sendiri diperlukan sebanyak 500 kg per hektar. KCL diperlukan sebanyak 60 kg di setiap hektar dan SP 36 sebanyak 100 kg di setiap 1 ha lahan.

4. Pupuk Susulan I

Pupuk susulan I ini lazimnya dikerjakan dikala usia bawang duah menempuh 2 pekan. Ini dikerjakan supaya pertumbuhan vegetatif bawang bisa dimaksimalkan dengan bagus. Pada jenjang ini, pupuk nitrogen akan benar-benar diperlukan.

5. Pupuk Susulan II

Nah, ini yakni jenjang berikutnya dari pupuk susulan I. Lazimnya dikerjakan di pekan ke 4 sesudah penanaman. Ini yakni waktu dimana umbi telah disusun. Dosis urea yang diberikan yakni 180 kg di setiap hektarnya dan N sebanyak 80 kg per hektar.

Demikianlah pembahasan seputar sistem memupuk bawang merah usia 30 hari yang bisa menjadi ilmu untuk para petani bawang. Semoga berkhasiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *